Back to Top

1
Hi, Guest!

Kabel Fiber Optik

Update Terakhir
: 28 / 03 / 2024
preloader
kabel fiber optik
kabel fiber optik-1
kabel fiber optik-2
kabel fiber optik-3
kabel fiber optik-4
kabel fiber optik-5

Detail Kabel Fiber Optik

Kabel Fiber Optik ( FO)
Kabel Fiber Optik adalah sebuah teknologi kabel yang menggunakan benang serat kaca atau plastik untuk mengirimkan data.
Kabel Fiber Optic terdiri dari seikat benang kaca yang masing-masing mampu mentransmisi pesan modulasi ke gelombang cahaya.
Serat kaca biasanya memiliki diameter sekitar 120 Mikrometer dengan yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain hingga jarak 50 KM tanpa menggunakan Repeater.
Sinyal-sinyal gelombang dapat berupa pengkodean komunikasi suara atau data komputer.
Komunikasi Fiber Optic tergantung pada prinsip cahaya pada medium kaca dapat membawa informasi lebih banyak dan jarak yang jauh di banding dengan sinyal listrik yang di bawa oleh media tembaga atau Koaksial. Kemurnian serat kaca digabungkan dengan sistem elektronik yang maju memungkinkan serat terlebih mengirimkan sinyal cahaya digital melampaui jarak 100 KM tanpa alat penguat.
Kabel Fiber Optik merupakan media transmisi yang ideal dengan sedikit transmisi Loss, gangguan rendah dan potensi Bandwidth yang tinggi.

Struktur Fiber Optic terdiri dari beberapa susunan yaitu Core, Cladding, dan Buffer Coating.
Core atau inti merupakan serat kaca yang tipis menjadi media cahaya berjalan, sehingga pengiriman cahaya dapat dilakukan.
Cladding merupakan lapisan luar yang melindungi inti dan memantulkan kembali cahaya yang terpancar keluar kembali ke dalam inti.
Buffer Coating adalah selubung plastik yang bertujuan melindungi serat dari kerusakan akibat dari lengkungan kabel dan gangguan luar misalnya kelembaban.

Prinsip Kerja Fiber Optik tergantung pada prinsip jumlah refleksi internal, refleksi cahaya atau dibiaskan berdasarkan sudut yang menyerang permukaan.
Prinsip ini berpusat pada cara kerja serat optik membatasi sudut dimana gelombang cahaya dikirim memungkinkan untuk mengontrol secara efisien sampai ketujuan.
Gelombang cahaya ditutupi dengan inti dari Fiber Optik, dalam hal yang sama bahwa frekuensi sinyal radio ditutupi dengan coaxial cable.
Gelombang cahaya diarahkan ke ujung serat dengan di refleksikan di dalam inti.
Kabel Fiber Optik biasanya diaplikasikan pada infrastruktur jaringan telekomunikasi misalnya pada jaringan telepon dan jaringan komputer.

Jenis-jenis kabel Fiber Optik ada dua jenis yaitu :
# Single - Mode
# Multi - Mode

Kabel Fiber Optik Single - Mode memiliki inti yang lebih kecil ( Berdiameter 0.00035 inch atau 9 Micron ) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah ( panjang gelombang 1300-1550 Nm ) yang memungkinkan hanya satu mode menyebarkan cahaya melalui inti pada suatu waktu.
Serat Single - Mode di kembangkan untuk mempertahankan integritas data spasial dan spektrum dari masing -masing sinyal optik jarak yang lebih jauh, mengizinkan informasi akan disampaikan lebih lanjut ( baca kabel jaringan komputer ).
Ukuran serat optik standar yang umum digunakan untuk Cladding atau selubung luar kabel Fiber Optik Single - Mode adalah 125 Mikron untuk kaca, dan 245 Mikron untuk lapisan.
Standar ini sangat penting untuk menyediakan jaminan kompabilitas konektor, splice dan alat - alat yang digunakan di seluruh industri.
Standar serat Single - Mode dikembangkan dengan inti yang kecil dengan ukuran diameter sekitar 8 -10 Mikron.

Kabel Fiber Optik Multi - Mode adalah tipe yang digunakan untuk tujuan komersial.
Inti lebih besar dari serat tipe Single - Mode yang memungkinkan ratusan modus cahaya tersebar melalui serat secara bersamaan.
Selain itu diameter Multi - Mode memiliki serat inti lebih besar ( diameter 0.0025 inch atau 62.5 Micron ) dan berfungsi mengirimkan sinar laser inframerah ( panjang gelombang 850-1300 Nm ).
Fiber Optik Multi - Mode menggunakan ukuran diameter inti dari 50 sampai 62,5 Mikron.

Kelebihan Kabel Fiber Optik antara lain :
Kapasitas ( Bandwidth) yang besar dalam mentransmisi informasi yang ada memiliki kecepatan yang tinggi hingga mencapai beberapa Gigabit / detik.
Sinyal degradasi lebih kecil, tidak terpengaruh pada gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio karena terbuat dari kaca dan plastik murni.
Ukurannya kecil, ringan, lebih tipis dan fleksibel.
Mempunyai diameter yang lebih kecil daripada kabel tembaga sehingga memudahkan suplai dan pemasangan. Murah jika di banding dengan banyaknya daya transmisi dari kabel tembaga kapasitas lebih besar.
Serat Optik aman, tidak mudah terbakar dan tidak mengalirkan listrik.

Kekurangan Kabel Fiber Optik antara lain :
Harga yang relatif mahal dalam hal penyambungan karena memerlukan alat khusus dan memerlukan keahlian dan ketelitian dalam penyambungan pemasangan kabel Fiber Optik.

Tampilkan Lebih Banyak
airlangga toko
Pertokoan Pasar Kenari Blok AKS Lt. 01 No. 75 / Jalan Salemba Raya, Kota Administrasi Jakarta Pusat
Indonesia 10430
Kota Administrasi Jakarta Pusat
29 / 03 / 2024
Hubungi Kami
Kontak Kami